Senin, 04 Oktober 2010

Permasalahan Fisik dan Kesehatan Bagi Para Remaja Masa Kini

Pada zaman sekarang, kebanyakan remaja sangat memperhatikan masalah penampilan. Terutama bagi wanita, mereka lebih peduli terhadap penampilannya dibandingkan kebanyakan pria. Hal tersebut terjadi mungkin karena wanita lebih sensitif daripada pria yang cenderung lebih cuek. Karena itu, permasalahan akibat perubahan bentuk fisik menjadi masalah yang banyak dirasakan oleh para remaja saat ini.
Para remaja biasanya merasa tidak puas dengan keadaan fisik yang dimilikinya. Itu semua dikarenakan ketidak sesuaian bentuk fisik yang dimiliki dengan yang diinginkan mereka. Bentuk fisik para idola yang digemari para remaja saat ini juga berpengaruh terhadap apa yang mereka inginkan. Sehingga para remaja cenderung ingin mengikuti idolanya. Para remaja wanita biasanya kurang puas pada bagian-bagian tertentu di badanya. Misalnya pada bagian perut, lengan, paha, serta pinggul.
Masalah bentuk fisik ini bisa menimbulkan perasaan kurang percaya diri terhadap diri anak remaja kebanyakan. Dan mereka cenderung menghalalkan segala cara untuk selalu memperbaiki bentuk tubuhnya. Ada yang dengan meminum obat pelangsing, diet yang berlebihan, Memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan dengan menggunakan obat pencahar, berdiet ketat sampai berolahraga dengan berlatih keras.
tetapi justru dengan melakukan hal-hal tersebut mereka bisa terkena Penyakit yang biasa disebut dengan Anorexia Nervosa dan Bulimia Bervosa.
Baik anorexia maupun bulimia, sangat sering diderita oleh remaja putri, terutama karena keinginan untuk mempunyai tubuh ideal yang sangat diinginkan. Kedua penyakit tersebut dapat mengakibatkan gangguan-gangguan kesehatan, misalnya Kekurangan nutrisi, anemia, Berkurangnya masa otot, Cadangan glikogen menurun, Depresi, Sering kedinginan, Menyebabkan amenoria sehingga menurunkan densitas tulang dan berakibat osteoporosis, Kekurangan mineral dan elektrolit sehingga dapat menganggu fungsi jantung dan saluran cerna.
Hal itu, mempunyai dampak yang buruk bagi tubuh kita. Oleh karena itu, jika kita memang ingin mempunyai tubuh yang baik atau ideal sebaiknya kita melakukan dengan cara-cara yang baik pula. Jangan sampai keinginan kita justru membuat malapetaka terhadap kesehatan kita sendiri. Karena kesehatan adalah sesuatu yang berharga dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar