Selasa, 09 November 2010

Tugas Makalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Banyak orang yang dianugerahkan kecerdasan, bakat, serta kemampuan yang luar biasa dalam kehidupannya tetapi tidak dapat sukses secara optimal dan terkadang hanya menyalahkan nasibnya saja dalam kehidupan. Padahal jika dilihat dengan lebih seksama, semuanya itu terjadi bukanlah karena kurangnya kemampuan yang ia miliki namun karena kurangnya motivasi dalam kehidupannya . Motivasi Ini merupakan suatu kunci sukses yang wajib dimiliki oleh tiap individu yang ingin sukses dalam kehidupan.
Motivasi merupakan suatu semangat, gairah dan determinasi tinggi yang berasal dari dalam diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang menjadi tujuan. Motivasi menjadi bahan baku dasar dari sebuah kata yang dinamakan kesuksesan. Motivasi yang luar biasa dapat menimbulkan energi yang luar biasa pula , membuat seseorang bekerja keras, dan bahkan dapat membuat sesuatu yang pada awalnya terlihat tidak mungkin untuk dilakukan menjadi indah untuk dilakukan.
Sukses adalah sebuah kata yang begitu sederhana, namun membutuhkan proses panjang untuk mencapainya. Selain membutuhkan sebuah proses yang cukup panjang, dalam mencapai kesuksesan juga dibutuhkan adanya motivasi diri yang kuat. Karena dengan berbekal motivasi diri yang kuat, secara tidak langsung mampu menggerakan kita untuk mulai berusaha mendekatkan diri dengan kesuksesan yang dicita-citakan.
Pentingnya motivasi diri untuk meraih kesuksesan tidak dapat diragukan lagi. Tetapi untuk menumbuhkan motivasi dalam diri seseorang tidaklah mudah, karena motivasi juga sering dipengaruhi oleh perasaan dan emosional yang ada dalam diri seseorang. Misalnya saja saat sedang mengikuti seminar motivasi, emosional Anda saat mengikuti seminar tersebut pasti akan naik sehingga Anda begitu termotivasi untuk mewujudkan cita – cita yang ingin dicapai. Namun lihat motivasi Anda setelah satu bulan tidak mengikuti seminar tersebut. Motivasi diri Anda akan menurun dratis jika tidak memperoleh siraman motivasi secara rutin.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan dilaksanaakan dalam kehidupan yang sesungguhnya untuk mencapai sebuah kesuksesan.

B. PEMBATASAN MASALAH
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
1. Peran motivasi terhadap seseorang dalam mencapai sebuah kesuksesan.
2. Cara-cara agar motivasi dapat diterapkan kepada seseorang dalam kehidupan yang nyata dengan mudah.

C. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran motivasi terhadap seseorang dalam mencapai sebuah kesuksesan ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar motivasi dapat diterapkan kepada seseorang dalam kehidupan yang nyata dengan mudah ?



BAB II
PEMBAHASAN

Motivasi merupakan bagian internal dari dalam diri kita sebagai upaya dalam mencapai sebuah kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan motivasi, cara rutin yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita untuk mencapai kesuksesan, dan 3 tipe manusia dalam meraih kesuksesan.

A. TUJUAN MOTIVASI
Tujuan utama motivasi adalah sebagai penyemangat, gairah, dan determinasi yang tinggi yang berasal dari dalam diri kita sendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sedangkan tujuan lainnya adalah untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar kita menuju kepada solusi akan masalah yang sedang dihadapi.
Namun secara umum tujuan motivasi dalam mencapai sebuah kesuksesan, diantaranya adalah :
1. Meningkatkan moral dan kepuasan kerja diri sendiri.
2. Meningkatkan produktivitas kerja diri sendiri.
3. Mempertahankan kestabilan kerja diri sendiri.
4. Meningkatkan disiplin kerja diri sendiri.
5. Mempertinggi rasa tanggung jawab terhadap tugasnya.
6. Meningkatkan loyalitas, kreativitas, dan partisipasi.
7. Meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan bahan.
Kunci sukses seseorang tergantung dengan besarnya motivasi diri yang dimilikinya. Kembangkan motivasi diri kita dan lakukan proses pencapaian impian Anda mulai dari sekarang.
Korbankan semangat kamu dalam mencapai sebuah kesuksesan, karena sukses adalah hak setiap orang bagi yang mau menerimanya.

B. CARA RUTIN UNTUK MENUMBUNKAN MOTIVASI DALAM DIRI KITA UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN
Beberapa cara rutin yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita untuk mencapai kesuksesan :
1. Mulailah bermimpi dengan akan kesuksesan yang akan Anda raih dengan rasa senang. Dengan adanya rasa senang, Anda akan termotivasi untuk menjalankan semua proses tanpa merasakan beban sedikitpun.
2. Gunakan impian yang ingin dicapai untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda. Karena pikiran bawah sadar kita akan mempengaruhi perilaku dan kegiatan yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita cita – citakan.
3. Rajin mencari inspirasi. Carilah inspirasi memacu semangat Anda untuk meraih sukses, misalnya dengan membaca buku perjalanan orang – orang yang telah sukses ataupun mengikuti seminar motivasi yang belakangan ini sering diadakan.
4. Bekerjakeras dan selalu bertanggungjawab. Cara yang kedua ini sangat diperlukan karena dengan kerja keras, semua hambatan serta kegagalan yang terjadi dapat diatasi. Serta dengan adanya rasa tanggungjawab dapat memotivasi kita untuk memberikan hasil yang terbaik.
5. Pilihlah lingkungan yang dapat mendukung impian Anda. Pilihlah teman atau komunitas yang memiliki impian sama dengan Anda, karena dengan dukungan lingkungan sekitar Anda dapat memperoleh motivasi positif dari mereka. Selain itu ada rekan – rekan Anda juga siap memberikan bantuan jika Anda mendapatkan kesulitan dalam menjalankan proses yang ada.
6. Disiplin dan konsisten akan kesuksesan yang ingin dicapai. Tanamkan kedisplinan sejak sekarang, karena dengan membiasakan diri dengan disiplin akan membiasakan diri kita memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai setiap harinya. Sehingga impian besar yang kita inginkan lebih cepat tercapai jika proses yang kita kerjakan, dilakukan dengan kedisiplinan.
7. Kembangkan terus impian Anda. Usahakan pilih tujuan hidup yang tidak terlalu sederhana, karena impian yang terlalu sederhana membuat kita tidak sepenuhnya termotivasi. Karena untuk menumbuhkan motivasi dan kekuatan diri kita sebenarnya diperlukan sebuah mimpi besar yang ingin kita capai.

C. 3 TIPE MANUSIA DALAM MERAIH KESUKSESAN
Dalam meraih kesuksesan, sikap seseorang dapat terbagi menjadi 3 tipe :
- Tipe pertama
orang yang bersikap “saya mau sukses”. Orang dengan tipe seperti ini sulit untuk meraih sukses karena semua orang juga pasti mau sukses. Mereka hanya mau saja, atau hanya sekadar ingin, tetapi mereka tidak ingin membayar harga yang pantas untuk itu. Mereka sebenarnya tidak benar-benar mau. Orang-orang yang memiliki sikap mental yang lemah seperti ini hanya akan menjadi seorang pemimpi belaka tanpa pernah berusaha sedikitpun untuk mewujudkannya. Mereka hanya bersikap pasif dan reaktif, hanya menunggu setiap kesempatan baik datang, bukannya bersikap aktif mencari dan menciptakan peluang itu sendiri.
- Tipe Kedua
orang yang bersikap “saya memilih untuk sukses”. Orang-orang yang memiliki sikap mental seperti ini jauh lebih bisa diandalkan daripada orang yang hanya mau sukses. Mereka membuat suatu keputusan yang kuat untuk meraih sukses. Karena mereka memilih untuk sukses, maka mereka tidak mau memilih apapun yang dapat menghalangi mereka dalam meraihnya. Mereka bertanggung jawab sepenuhnya atas kesuksesan mereka sendiri.
- Tipe Ketiga
mampu membuat siapapun, termasuk seseorang, meraih sukses adalah “saya berkomitmen untuk menjadi sukses”. Orang-orang yang bertipe seperti ini berarti mereka tidak akan pernah menyerah apalagi mundur sebelum kesuksesan berhasil mereka raih. Mereka berkomitmen penuh 100% untuk melakukan apapun untuk meraih apa yang paling mereka impikan. Mereka tidak pernah memiliki alasan untuk berhenti dan menyerah tidak pernah ada dalam kamus hidup mereka. Mereka membakar jalan di belakang mereka sehingga tidak ada jalan lain lagi selain maju. Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, uang maupun pikiran mereka untuk membayar harga sebuah kesuksesan. Mereka layaknya sebuah kereta api yang meluncur dengan kecepatan penuh sehingga tidak ada apa pun atau siapa pun yang sanggup menahan dan menghentikan mereka. Komitmen membuat mereka menjadi tak terbendung.
Ini yang membedakan antara orang yang sukses dengan yang gagal. Orang yang memiliki komitmen yang kuat bukan hanya mau sukses, tetapi juga mereka benar-benar mau sukses. Mereka berani menyatakan bahwa mereka akan meraih kesuksesan yang mereka impikan.


BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peran motivasi terhadap seseorang dalam mencapai sebuah kesuksesan” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan motivasi sangat mempengaruhi dalam diri kita sebagai penyemangat dan gairah serta determinasi yang tinggi.
2. Motivasi sangat penting untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar menuju kepada solusi akan masalah yang sedang dihadapi.
3. Kunci sukses seseorang tergantung dengan besarnya motivasi diri yang dimilikinya.


DAFTAR PUSTAKA


Sumber :
http://motivasibyiswara.blogspot.com/2008/12/konsep-dan-tujuan-motivasi.html
http://andriewongso.com/awartikel-2419-Artikel_Anda 3_Tipe_Manusia_Dalam_Meraih_Kesuksesan
http://bisnisukm.com/motivasi-diri-untuk-mencapai-kesuksesan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar