Jumat, 05 Oktober 2012

Hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognitif Manusia


Pertama-tama saya akan mencoba untuk menjabarkan satu-satu mengenai apa itu arsitektur, komputer, arsitektur komputer, dan juga kognitif manusia. Sehingga selanjutnya kita dapat melihat ada atau tidaknya hubungan antara arsitektur komputer dan juga kognitif manusia.

Arsitektur
Diantara demikian banyak pemahaman tentang arsitektur, arsitektur dikenal juga sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu tampilan arsitektur selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan dan pengembangan arsitektur tidak hanya berupa keadaan eksternal, tetapi juga keadaan internal. Arsitektur dari komputer sendiri merupakan suatu susunan atau rancangan dari komputer tersebut, sehingga membentuk suatu kesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan. Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu sendiri. Saat ini komputer sudah dapat mengerjakan sesuatu yang rumit sekalipun, berbeda dengan zaman dulu pada saat komputer hanya bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya.


Komputer
Saat ini komputer merupakan teknologi canggih sebagai alat bantu yang digunakan manusia untuk mengerjakan beberapa hal yang dapat memudahkan manusia seperti menulis, menyimpan file dan lainnya. Pada zaman dahulu komputer hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun dengan berjalannya waktu teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer pada zaman sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun. Komputer pun mengalami perubahan sesuai generasinya seiring dengan kemajuan zaman. komputer pun mempunyai beberapa generasi. Mulai dari komputer yang hanya dapat mengerjakan hal-hal yang sederhana hingga yang paling rumit. Bentuk maupun spesifikasinya juga berbeda dari generasi yang pertama hingga sekarang. Oleh karena itu komputer mempunya peran yang besar dalam memudahkan pekerjaan manusia. 


Arsitektur Komputer
Dari beberapa gabungan pengertian diatas dapat dikatakan bahwa arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Komputer memiliki susunan beberapa perangkat sebagai penggeraknya dan sering dikatakan sebagai suatu skema komputer. Skema ini dibentuk sejak awal permulaan komputer. Unit-unit perangkat yang menyusun antara lain seperti dibawah ini:
  1. Perangkat keras (hardware) : Perangkat ni dapat berbentuk kotak yang terhubung melalu sebuah kabel eletonika. Perangkat ini dapat berbentuk mesin pemutar hard disk, motherboard yang disimpan dalam cpu
  2. CPU (Central Processing unit) : Perangkat ini mengendalikan semua unit system yang ada di computer, baik itu monitor, perangkat keras, ataupun perangkat unaknya. Di dalam CPU terdapat pula penyimpanan utama (primary storage), penyimpanan kedua (secondary storage), unit pengendali (control unit) dan unit logika dan aritmetika.
  3. Perangkat Lunak (Software) : Jenis perangkat ini berfungsi untuk menjalankan semua perangkat yang ada, baik itu di perangkat keras maupun di CPU. Perangkat lunak ini berbentuk, seperti program Windows, Linux, Unix, Microsoft, Autocad, dan sebagainya 

  Fungsi-fungsi Kognisi


1. Atensi dan kesadaran: Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention)dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.

2.  Persepsi: Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.

3.    Ingatan: Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua menjadi ingatan implisit dan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan penginderaan, ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.

4. BahasaBahasa adalah menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui penginderaan. Dalam mempelajari interaksi pemikiran manusia dan bahasa dikembangkanlah cabang ilmu psikolinguistik

5. Pemecahan masalah dan kreativitas: Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.



Kualitas arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2.Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5.Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.


Kognitif Manusia
Kognitif
Istilah “Cognitive” berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti. Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf pada waktu manusia sedang berpikir. Kognisi juga dapat diartikan sebagai kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Kognisi dipahami sebagai proses mental karena kognisi mencermikan pemikiran dan tidak dapat diamati secara langsung. Oleh karena itu kognisi tidak dapat diukur secara langsung, namun melalui perilaku yang ditampilkan dan dapat diamati.
Proses kognitif itu sendiri menggabungkan antara informasi yang diterima melalui indera tubuh manusia dengan informasi yang telah disimpan di ingatan jangka panjang. Kedua informasi tersebut diolah di ingatan kerja yang berfungsi sebagai tempat pemrosesan informasi. Kapabilitas pengolahan ini dibatasi oleh kapasitas ingatan kerja dan faktor waktu. Proses selanjutnya adalah pelaksanaan tindakan yang telah dipilih. Tindakan dilakukan mencakup proses kognitif dan proses fisik dengan anggota tubuh manusia (jari, tangan, kaki, dan suara). Seperti halnya kemampuan kognitif pada umur 6 tahun yang mengalami beberapa perubahan yang tampak dan penting pada saat itu. Pada pandangan Piaget (1952), kemampuan atau perkembangan kognitf adalah hasil dari hubungan perkembangan otak dan system nerveous serta pengalaman-pengalaman yang membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungannya.


Hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognitif Manusia

Berdasarkan beberapa uraian yang telah dijabarkan dan dijelaskan diatas kita sudah mengetahui masing-masing dari penjelasan arsitektur komputer itu sendiri dan juga kognitif manusia. Dapat dikatakan bahwa keduanya mempunyai hubungan satu sama lain. Mengapa demikian, karena arsitektur komputer itu merupakan suatu rancangan yang dibuat oleh manusia. Sedangkan manusia sendiri membutuhkan proses berpikir untuk dapat menghasilkan suatu rancangan komputer yang canggih dari generasi pertama hingga generasi sekarang. Sehingga semuanya berhubungan dan mempunyai dampak masing-masing. Jika tidak ada manusia maka tidak ada yang namanya proses berpikir dan juga tidak ada yang namanya suatu perancangan komputer. Tetapi sebaliknya juga, suatu perancangan sistem komputer harus memperhatikan pula kemampuan kognitif manusia. Karena setiap manusia mempuayai kemampuan kognitif yang berbeda-beda satu sama lain yang nantinya akan berakibat pada arsitektur komputer yang ada.

Referensi
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
  2. Khaerunnisa, http://cacingranger.blogspot.com/2011/11/pengertian-arsitektur-komputer.html
  3. Ahmad fauzi, http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html
  4. Gaol, C. J. L., (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo
  5. Nadhirin , http://nadhirin.blogspot.com/2010/04/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget.html
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi
  7. Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan edisi revisi. Malang : Grasindo
  8. Santop, Insap. (2010).Interaksi manusia dan komputer edisi  2. Yogyakarta : penerbit Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar