Selasa, 03 November 2009

Hardware
1. POWER SUPPLY
Power supply berfungsi sebagai pen-supply tegangan ke komponen-komponen hardware yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard. Jenis power supply yang digunakan ada dua model, yaitu model AT dan model ATX. Pada power supply model AT biasanya ada tombol ON/OFF pada CPU jika kita ingin mematikan komputer. Power supply model ATX merupakan jenis power supply yang banyak digunakan. Model ini memberikan kemudahan mematikan CPU tanpa harus menekan tombol ON/OFF pada CPU, cukup dengan mengklik shutdown.
Sebaiknya komputer digunakan di tempat yang dingin/ber-AC dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini agar komputer kita tidak cepat panas. PSU juga membantu agar komputer tidak cepat panas karena salah satu komponen pada PSU adalah kipas/fan. Nah, permasalahannya adalah jika KSU tidak dirawat dengan baik, akan sering kemasukan debu dan kotoran lainnya.
TIPS PEMILIHAN POWER SUPPLY
Power supply merupakan salah satu komponen inti pada sebuah komputer, kerusakan pada power supply dapat berakibat fatal pada komponen inti yang lain. Oleh karena itu, pastikan power supply yang anda beli sesuai dengan kebutuhan komputer anda. Berikut adalah tps dalam memilih power supply yang tepat.
1. Pilihlah power supply yang sesuai dengan kebutuhan komputer Anda.
Periksa kembali daya komputer, pastikan power supply yang Anda beli dapat memiliki daya yang lebih besar daripada kebutuhan komputer. Misal, komputer memiliki daya normal 300 W, ada baiknya Anda beli power supply dengan daya 350 W.
2. Pastikan power supply yang Anda beli bukan barang bekas. Power supply terdiri dari komponen-komponen elektronik yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, sehingga kekuatan dari komponen-komponen elektroniknya berpengaruh pada kestabilan power supply tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa komponen elektronik memiliki waktu hidup yang terbatas, sehingga alangkah baiknya Anda membeli power supply yang baru.
3. Pastikan power supply memiliki garansi dan layanan purna jual yang baik.

2. SCANNER
Scanner merupakan alat yang digunakan untuk memindai bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil scanner itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis scanner berdasarkan pada kegunaan dan cara kerjanya sebagai berikut.
1. Scanner gambar
2. Scanner barcode
3. Scanner sinar-x
4. Scanner cek
5. Scanner logam
6. Scanner optical mark reader (OMR)

TIPS MEMBELI SCANNER
Berikut adalah tips dalam membeli scanner
1. Pastikan scanner yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Pastikan scanner yang Anda beli bukan merupakan barang refurbish.
3. Pastikan scanner yang Anda beli dalam keadaan baik dan lengkap.
4. Pastikan scanner yang Anda beli memiliki garansi purna jual yang baik.

3. PRINTER
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tidak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi sangat kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port parallel atau USB sebagai penghubung ke komputer.
JENIS-JENIS PRINTER
1. Printer Dot Matrix
2. Printer Inkjet
3. Printer Laser
4. Printer Photo
5. Printer Multi Fungsi

TIPS MEMBELI PRINTER
Berikut adalah tips dalam membeli printer,
1. Pastikan printer yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan fitur-fitur dari printer dengan kebutuhan Anda.
2. Pastikan printer yang anda beli baru, pada umumnya printer bekas memiliki kelemahan pada cartrige. Kerusakan pada cartrige dapat berakibat printer tidak dapat mengeluarkan tinta.
3. Pastikan printer yang Anda beli dalam keadaan baik.
4. Pastikan printer yang Anda beli memiliki garansi purna jual yang baik.

4. JOYSTICK
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan video game yang dilengkapi lebih dari satu tonbol. Selain untuk mengontrol video game, tuas control juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

TIPS MEMBELI JOYSTICK
Berikut adalah tips dalam membeli joystick.
1. Pastikan joystick yang Anda beli memiliki fitur yang didukung oleh motherboard.
2. Periksa kembali port yang digunakan, pada umumnya joystick menggunakan port parallel dan USB.
3. Pastikan joystick yang Anda beli dalam keadaan baik dan lengkap.
4. Pastikan joystick yang Anda beli memiliki garansi purna jual yang baik.

5. SPEAKER
Speaker merupakan hardware yang digunakan sebagai keluaran audio. Pada awalnya speaker komputer memiliki keterbatasan kealitas suara, tetapi pada perkembangan kualitas dari speaker komputer mnegalami penigkatan kualitas.
TIPS MEMBELI SPEAKER
Berikut adalah tips dalam membeli speaker yang tepat untuk komputer Anda.
1. Pastikan speaker yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan.
2. Pastikan speaker yang Anda beli memiliki kualitas suara yang baik dan disertai dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan kualitas suara, misalnya pengatur treble, bass, dan sob-woofer.
3. Pastikan speaker yang Anda beli dalam keadaan baik dan lengkap.
4. Pastikan speaker yang anda beli memiliki garansi purna jual yang baik.

Sumber Buku :
Mulyono, hasyim, ST, Buku Pintar Komputer, Jakarta: Kriya Pustaka, 2008
Nazaruddin, Ramdani, Komputer & troubleshooting, Bandung: Informatika, 2007
SOFTWARE
1. Photo Gallery
Photo gallery adalah tool yang membantu Anda untuk membuat galeri dari foto digital. Program ini bekerja dengan file-file JPEG (*.jpg, *jpeg). Anda dapat menggunakan template halamn yang berbeda, me-resize dan me-rotate foto Anda.
2. Vista Transformation Pack
Windows memang mengeluarkan sistem operasi baru, yaitu Windows Vista, dengan berbagai keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan versu sebelumnya seperti Windows XP, mulai dari sistem keamanan hingga tampilan dekstopnya yang lebih menarik. Namun, banyak hal yang membuat orang enggan menginstal Windows Vista karena sistemnya yang cenderung lebih berat daripada Windows XP. Jika Anda tertarik untuk memiliki tampilan desktop Windows Vista, dengan tetap mempertahankan Windows XP sebagai sistem operasi pada komputer Anda, maka Vista Transformation Pack merupakan solusi yang tepat.
3. iChat AV 2. 1
iChat AV 2. 1 merupakan aplikasi chatting sesame teman, keluarga, atau dengan orang lain. Aplikasi ini memiliki tampilan layar full screen yang dilengkapi dengan video conference melalui koneksi internet dengan jangkauan frekuensi yang luas. iChat AV menggunakan teknik resize sehingga Anda dapat melihat lawan chat di layar dengan jelas. iChat AV juga memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran video Anda sesuai dengan keinginan Anda. Ukuran defaultnya adalah 352x288 pixel dan dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda hingga tampilan full screen. Anda bahkan dapat mengatur ukuran layar selama melakukan chat dalam conference. Aplikasi ini juga memungkinkan video conferencing dengan AOL Instant Messenger untuk Microsoft Windows.
Saat Anda menginstal iChat AV, software ini secara otomatis akan melakukan konfigurasi dan optimasi sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan setup. Proses instalasinya sangat mudah dan tidak perlu dihubungkan dengan paranti eksternal. Saat iChat bekerja sangat baik dengan iSight, anda dapat menggunakan Firewire kamera DV atau Webcam untuk video chat.

4. Winamp 5. 0
Siapa yang tidak kenal software pemutar music yang ringan dan gratisan ini. Winamp merupakan program player MP3 yang sangat digemari para pengguna komputer. Selain dapat mendengarkan musik, program ini juga dapat digunakan untuk menyetel video. Dalam versi terbaru ini, program ini juga dilengkapi dengan ciri-ciri layar webnya yang tersendiri supaya lebih memudahkan pengguna.

5. Software Compresss
Software Compress didesain untuk mengemas dan memproteksi file EXE Anda. Versi Freeware Lite mengompress sekitar 50 %, sedangkan Full Versionnya memiliki kekuatan compress yang lebih besar. Software compress adalah sioftware yang unik untuk mengemas dan memproteksi komputer Anda. Level proteksinya cukup tinggi untuk mencegah software Anda dari gejala disassembly dan patch, sehingga software ini mengurangi kemungkinan Anda melihat program yang sudah di-crack dan di-spread dimana-mana.

Sumber Buku:
Jubilee Enterprise, Memanfaatkan Software Gratis dari Internet, Jakarta, : Elex Media Komputindp
Siswoutomo, Wiwit, Kiat Jitu Kerja Praktek Membangun Software dan Web, Jakarta: Elex Media Komputindo
Suarna, Nana, Pedoman Panduan Praktikum: Cara-cara Menginstal Software dan Driver, Bandung: Yrama Widya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar